Seorang Wanita Yang Ingin Tahu Tentang Bulan


Sampai sekarang pun aku masih ingin tahu
Ada apa di balik bulan?
Mereka berkata wajah bulan yang tampak ke bumi selalu sama
Benarkah itu?
Aku mulai bertanya-tanya
Apa yang ingin disembunyikan bulan dariku?
Ketika kau meninggalkanku
Mereka berkata kau pergi ke bulan
Benarkah itu?
Kalau demikian, katakan padaku: ada apa di balik bulan?
Kau diam
Dan wajah bulan tetap sama
Maka aku mulai membuat rencana
Aku akan tahu apa yang ada di balik bulan
Aku membuat sebuah tangga
Tangga yang panjang sekali hingga dapat mencapai bulan
Aku naik ke atap rumah, membawa tanggaku
Berharap untuk dapat menggapai bulan
Namun tanggaku tidak cukup panjang
Dan tangan-tangan tak dikenal menahanku, melarangku pergi ke bulan
Oh, Sayang, bagaimana lagi caranya aku dapat menggapai bulan?
Lalu tiba-tiba aku teringat padamu, dan sebuah ilham muncul di benakku
Aku akan mengikuti caramu
Aku harus tahu ada apa di balik bulan
Aku mendaki ke atas, ke atas
Tanpa melihat ke bawah
Dan ketika tiba di puncak, aku menjulurkan tanganku setinggi mungkin
Sedikit lagi, sedikit lagi…

Aku memandang menerobos butiran tanah
Masih memandang kepada wajah bulan yang sama
Sampai sekarang pun, aku masih tetap ingin tahu
Apa yang ada di balik bulan

Leave a Reply

