Ramalan Ayam Goreng


Bagi saya, ramalan itu seperti sebuah resep masakan. Anda diberi resep oleh seseorang, dan diberi tahu, “Nih, resep ayam goreng. Kalau kamu ikuti petunjuk dan caranya, harusnya bakal jadi ayam goreng.”
Cuma segitu. Sisanya, mulai dari kelengkapan, kualitas, maupun takaran bahannya, ketersediaan alatnya, keterampilan mengolahnya, lama memasaknya, bahkan cara menghidangkannya pun, semua tergantung pada diri Anda masing-masing.
Apakah ayamnya ayam potong atau ayam kampung, besar atau kecil, apakah telurnya masih segar atau tidak, apakah garamnya kebanyakan, minyaknya belum panas, atau menggorengnya kelamaan hingga ayamnya gosong; itu semua tergantung dari Anda.
Sepuluh orang yang diberi resep ayam goreng yang sama akan menghasilkan sepuluh macam ayam goreng dengan cita rasa dan kualitas yang berbeda-beda, tergantung pada keahlian memasak dan selera pribadi si koki.
Bukankah demikian pula halnya dengan ramalan? Ramalan yang baik maupun ramalan yang jelek tidak seratus persen menentukan baik atau buruknya nasib Anda. Anda cuma diberi resep, “Nih, ramalan saya. Harusnya sih hasilnya baik ya; semoga beruntung.”
Selanjutnya, Anda sendirilah yang menentukan bagaimana ramalan tersebut akan memengaruhi hidup Anda. Mau jadi “ayam goreng” yang enak atau tidak, itu semua tergantung dari “alat” dan “bahan” yang Anda miliki, mulai dari hal-hal konkrit seperti pengetahuan, sikap, maupun kepribadian, sampai pada hal-hal yang abstrak seperti doa, keyakinan, maupun keberuntungan; juga “keterampilan” Anda dalam mengolah hal-hal tersebut sehingga menghasilkan “ayam goreng” dengan cita rasa dan kualitas terbaik yang mampu Anda buat. Malahan, bisa saja kalau Anda selesai memasak nanti, jadinya malah semur ayam yang jauh lebih enak dibandingkan dengan ayam goreng. 😀
Yah, seperti slogan salah satu merk deodoran terkenal, “Selanjutnya terserah Anda.” 🙂

NB: ini hanya perumpamaan ya, teman-teman… Habis rasanya kurang masuk akal juga kalau niat masak ayam goreng malah jadi semur ayam… :p

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s