Memang Beda, Kan?


Saya kurang bisa bersimpati kepada orang-orang yang gemar membandingkan situasinya (yang biasanya terjadi di masa lampau) dengan kondisi saya (atau kami) sekarang dengan maksud untuk nyinyir. Biasanya orang-orang tersebut akan berkata, “Ah, kalian sekarang enak, tinggal blablabla sudah bisa langsung blablabla, tidak perlu blablabla lagi seperti saya dulu. Waktu zaman saya lebih susah, kami harus blablabla dan blablabla baru kemudian bisa blablabla.”
 
Oke. Sampai titik tertentu, itu benar. Ada banyak kesulitan-kesulitan zaman dulu yang tidak perlu kami alami sekarang; dan saya akui, memang terdapat banyak kemudahan menjadi “anak zaman sekarang”. Meskipun demikian, itu tidak berarti bahwa “anak zaman sekarang” hidupnya lebih enak dibandingkan “anak zaman dulu”, meskipun jika disuruh memilih, saya akan tetap memilih untuk menjadi “anak zaman sekarang”.
 
Tetapi, wahai “anak-anak zaman dulu” yang gemar menyinyiri “anak-anak zaman sekarang”, bukankah memang itu intinya? Zaman dulu dan zaman sekarang memang beda, kan? Tentu saja ada perbedaan, karena memang ada perubahan. Perbedaan tersebut ada yang positif dan tentunya ada pula yang negatif; namun melebih-lebihkan satu sisi tanpa memperhitungkan sisi yang lain menurut saya adalah kurang bijaksana. Mengapa memaksakan harus sama jika sejak awal memang sudah beda? Mengapa menjebak diri sendiri dalam kenangan-kenangan buruk masa lalu kalau tujuannya hanya untuk nyinyir?
 
Saya maklum kalau membandingkan pengalaman hidup dengan tujuan untuk bernostalgia, menasihati, atau menyemangati – bahkan saya senang sebab bisa berbagi pengalaman untuk memajukan pribadi masing-masing; tetapi jika tujuannya adalah nyinyir, bolehlah saya antar saja ke laut. 🙂

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s