Jangan Tanya Kenapa


Kita tidak perlu merasa wajib menjelaskan diri kita pada orang lain. Kita tidak perlu selalu menjelaskan alasan-alasan di balik tindakan kita; kita tidak perlu selalu menjawab pertanyaan “kenapa” yang diajukan oleh setiap orang.

Kenapa?

Sebab tidak semua orang peduli dengan “karena” yang kita ucapkan. Sebagian besar hanya menanyakan “kenapa” sebagai bentuk formalitas maupun kekepoan semata. Karena kita berhak untuk menyimpan alasan-alasan pribadi untuk diri kita sendiri.

Kenapa?

Kita berhak untuk tidak menjawab. Kita berhak untuk mengatakan “kamu tidak perlu tahu”. Bukan karena kita mau sok misterius, tetapi karena kadang orang-orang yang bertanya “kenapa” justru adalah orang-orang yang tidak pantas menerima “karena”.

Atau, kadang-kadang, pertanyaan “kenapa” itu hanya akan membuat kita mengarang-ngarang sebuah “karena” yang dimanis-maniskan agar enak didengar atau agar kita tampak baik di mata orang lain atau agar kita terhindar dari masalah, dan bukannya jawaban jujur yang berdasarkan pada fakta dan kebenaran.

Oleh karena itu, jika kita merasa bahwa jawaban “karena” kita hanya akan mendorong kita untuk berdusta dan menipu diri sendiri serta orang lain, sebaiknya kita acuhkan saja pertanyaan “kenapa” itu. Toh, menjawab pertanyaan adalah hak dan bukannya kewajiban. Memilih untuk tidak menjawab bukanlah dosa.

Jelaskanlah alasan kita pada orang-orang yang memang berhak mengetahuinya, yakni orang-orang yang hidupnya terkait langsung dengan konsekuensi akibat keputusan-keputusan yang kita ambil. Jelaskanlah diri kita pada orang-orang yang memang peduli pada diri kita, bukan yang hanya ingin menghakimi setiap “karena” yang kita lontarkan. Jelaskanlah diri kita apabila kita telah bisa menjawab “karena” untuk setiap “kenapa” yang kita ajukan pada diri kita sendiri.

*terutama berkaitan dengan sikap dan pilihan-pilihan dalam hidup

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s