Pada Suatu Siang


Sewaktu berada di angkot siang tadi, ada dua penumpang yang duduk tepat di belakang bangku supir, dan keduanya mengenakan seragam putih biru. Mereka naik sebelum saya naik dan turun sebelum saya turun. Ketika mereka turun, mereka saling bertukar “dadah” dan “yo!” dengan si supir, yang setelah menurut pengamatan saya usianya sebaya dengan kedua penumpang berseragam SMP tersebut. Tanpa membayar, mereka pun langsung berjalan pergi dan angkot kembali berjalan.

Penjelasan yang paling logis tentunya adalah mereka sudah membayar sebelum saya naik, atau seperti yang kadang terjadi, kedua penumpang itu adalah teman si supir, dan biaya menumpangnya digratiskan. Namun, dasar romantisme liar yang munculnya tidak terkendali, atau mungkin karena saat itu saya sedang memutar playlist yang isinya lagu-lagu Taylor Swift, atau mungkin sekadar gangguan keseimbangan hormon, maka saya memilih untuk membayangkan skenario tersebut sebagai dua anak manusia dengan usia yang sebaya, yang dibimbing oleh mimpi-mimpi masa muda yang kemungkinan hampir sama, namun memiliki jalan hidup yang sungguh berbeda.

Dan, untuk sesaat ketika itu, entah mengapa saya merasa sedih.

Leave a Reply

